Jumat, 07 April 2017

Mengapa Kucing Harus Grooming Secara Rutin

Seperti yang kita tahu, kucing adalah hewan yang sering melakukan self-grooming. Kucing seringkali menggunakan kakinya untuk menjangkau bagian yang tidak bisa dicapai langsung oleh lidahnya. Mereka akan menjilat kakinya, lalu segera menggunakan kakinya yang masih basah tersebut untuk grooming bagian kepala dan telingannya. Pasti catlovers sering menonton bagaimana kucing melakukan self-grooming dengan cermat menjilati tubuhnya.

Apakah kita perlu grooming kucing kita? Bukankah kucing bisa merawat tubuhnya sendiri tanpa bantuan manusia?
Sampai batas tertentu, kucing memang bisa mengurus dirinya sendiri, namun kita sebagai pemiliknya tentu harus ikut serta dalam merawat kucing kita. Perawatan rutin yang dibutuhkan kucing bukan hanya soal menyisir bulunya saja, namun juga memotong kukunya, membersihkan mata dan telinga, bahkan juga giginya. Yang menarik adalah ada alasan khusus mengapa kita harus grooming kucing kita secara rutin lho, Kami akan mencoba membahasnya untuk para catlovers.



1. Membiasakan Kucing Agar Terbiasa Disentuh dan Ditangani oleh Kita
Prosedur grooming membuat kita sering melakukan kontak fisik dengan si kucing. Mulai dari menyikat dan menyisir bulunya, memotong kukunya hingga membersihkan telinga kucing tentu membutuhkan kontak fisik yang intensif. Seringnya kontak ini akan membuat kucing menjadi jinak pada kita, serta membantu kita ketika menangani atau mengobati kucing di daerah sensitif yang akan menjadi sangat sulit dilakukan jika si kucing tidak mempercayai kita.
CatGrooming
2. Memeriksa Kucing Kita jika Terjadi Perubahan atau Kelainan
Grooming dapat memberikan kita kesempatan untuk melihat si kucing dari jarak dekat. Hal ini memudahkan kita untuk melihat jika terjadi perubahan pada si kucing, seperti dari bulu, gigi dan gusi, kotoran di telinga, dan munculnya benjolan atau pembengkakan pada tubuh kucing. Deteksi dini bisa menjadi kunci dalam melakukan tindakan preventif penyakit kanker dan kondisi medis lainnya.
487704631CatLove-Getty--Lewis-Mulatero
3. Meningkatkan Hubungan antara Kucing dan Pemiliknya
Salah satu pengalaman paling awal yang dialami anak kucing adalah dijilat oleh sang induknya, sesaat setelah dilahirkan. Oleh karena itu, kucing kucing seringkali menjilat satu sama lain sebagai bentuk kasih sayang dan memperkuat ikatan sosial. Beberapa kucing bahkan akan menjilat balik ketika kita sedang mengelus-elus si kucing, bahkan beberapa kucing akan menjilat rambut orang yang disayanginya. Sama seperti ketika kita sedang grooming bulu kucing kita, itu akan meningkatkan hubungan dan kepercayaan dengan si kucing.
cat-shedding
4, Mencegah Bulu yang Rontok Bertebaran di Rumah Kita
Kucing memang bisa melakukan grooming sendiri, namun kita dapat meminimalkan jumlah bulu yang rontok bertebaran di rumah kita. Kita dapat menyisir bulunya dengan menggunakan sikat atau sisir yang bagus. Hal ini penting ketika si kucing sedang dalam masa perontokan bulu.
fdasdfsd
5. Mengurangi Terjadinya Hairballs Pada Kucing
Beberapa kucing memiliki masalah dengan hairballs, terutama pada kucing longhair. Dengan grooming kucing rutin akan membantu membuang bulu-bulu yang sudah lepas, sehingga bulu tersebut tidak termakan oleh si kucing.
maverick2_2180666b
6. Kucing Berkebutuhan Khusus Memerlukan Perawatan dan Perhatian Khusus
Kucing yang lumpuh, atau kucing yang memilikih masalah motorik, mungkin akan mengandalkan manusia dalam melakukan perawatan agar mereka tetap berada dalam kondisi yang optimal. Beberapa kucing yang gemuk dan senior mungkin akan memerlukan bantuan kita dalam melakukan grooming.
mink-bi-color-sphynx-facts1
7. Jenis Kucing Khusus dengan Kebutuhan Khusus
Beberapa jenis kucing memiliki kebutuhan yang berbeda, misalnya jenis kucing longhair tentu memerlukan penyisiran bulunya lebih sering dibandingkan dengan jenis kucing shorthair. Kucing persia dan kucing exotic juga sering memerlukan bantuan manusia untuk menjaga mata mereka tetap bersih. Sedangkan kucing yang hampir tidak memiliki bulu, seperti kucing sphynx tentu tidak perlu disisir, namun harus selalu di-sponge secara rutin. Oleh karena itu, selalu pelajari jenis kucing dan perawatan spesifik ya catlovers jika ingin memelihara jenis kucing tertentu.
clipping-claws-cat-shutterstock_120465385
8. Perawatan Cakar dan Gigi
Kucing yang terbiasa hidup indoor biasanya memerlukan perawatan khusus pada cakar dan giginya. Jika di alam liar, kuku kucing biasanya akan terbiasa dipakai untuk menangkap mangsa, sehingga akan terjaga tetap pendek. Berbeda dengan kucing indoor yang biasanya jarang menggunakan cakarnya, sehingga kita harus memotongnya agar tetap pendek. Selain itu, gigi kucing biasanya akan bertambah plaknya, kecuali kita bersihkan. Membuat cakar kucing kita tetap pendek akan menghindari insiden yang membahayakan kita dan si kucing, seperti tercakar dan rusaknya furnitur rumah kita.


Docen Petservice Sidoarjo
Petshop dan Dokter Hewan
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Alamat :
Pondok Jati BW 25 Sidoarjo
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
website : www.dokterhewansidoarjo.blogspot.com
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Facebook : dokter hewan sidoarjo
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Whatsapp : 0856-5535-8983
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
instagram : @docen_petservice
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
by; http://www.cattery.co.id/8-alasan-penting-mengapa-catlovers-harus-grooming-kucing-secara-rutin/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar